Senin, 09 Maret 2015

DALIL-DALIL MAULID NABI MUHAMMAD SAW (MULUDAN)

BAHAN REFERENSI & ARGUMEN.
ketka ada yg mengatakan maulidan bid'ah.
ﺍﻗﻮﺍﻝ ﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ ﻓﻲ ﺍﺣﺘﻔﺎﻝ ﺍﻟﻤﻮﻟﺪﺍﻟﻨﺒﻮﻱﺍﻟﺸﺮﻳﻒ ١. ﻗﺎﻝ ﺍﺑﻦ ﺗﻴﻤﻴﺔ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻲ "ﻓﺘﻌﻈﻴﻢ ﺍﻟﻤﻮﻟﺪﻭﺍﺗﺨﺎﺫﻩ ﻣﻮﺳﻤﺎ ﻗﺪ ﻳﻔﻌﻠﻪ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻭﻳﻜﻮﻥﻟﻪ ﻓﻴﻪ ﺍﺟﺮ ﻋﻈﻴﻢ ﻟﺤﺴﻦ ﻗﺼﺪﻩ ﻭﺗﻌﻈﻴﻤﻪ ﻟﺮﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪﺻﻠﻰﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺍﻟﺴﻴﺮﺓ ﺍﻟﺤﻠﺒﻴﺔ ﻟﻌﻠﻲ ﺑﻦ ﺑﺮﻫﺎﻥ ﺍﻟﺪﻳﻦﺍﻟﺤﻠﺒﻲ ١ /٨٣- ٨٤،ﻭﺫﻛﺮﻩ ﺍﺑﻦ ﺗﻴﻤﻴﺔ ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺑﻪ ﺍﻗﺘﻀﺎﺀﺍﻟﺼﺮﺍﻁﺍﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ .

berkata ibn taimiyah rahimahullah: "mengagungkan mauliddan menjadikanya acara musimansbgaimana yg dilakukan oleh sbgianorang mk didalamya akan mendapatkanpahala yg besar krn mempunyai tujuanyg baik dlm rangka membesarkan danmemulyakan nabi muhammad saw"silahkan rujuk kitab siroh alhalabiyahjuz 1 hal 83-84,juga disebut dlm kitabibn taimiyah"iqtidho' as shirotulmustaqim

". ٢ .ﻗﺎﻝ ﺍﺑﻦ ﺣﺠﺮ ﺍﻟﻬﻴﺜﻤﻲ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪﺗﻌﺎﻟﻰ :ﻭﺍﻟﺤﺎﺻﻞﺍﻥ ﺍﻟﺒﺪﻋﺔ ﺍﻟﺤﺴﻨﺔ ﻣﺘﻔﻖ ﻋﻠﻲ ﻧﺪﺑﻬﺎ,ﻭﻋﻤﻞﺍﻟﻤﻮﻟﺪ ﻭﺍﺟﺘﻤﺎﻉ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻟﻪ ﻛﺬﻟﻚ,ﺍﻱ ﺑﺪﻋﺔ ﺣﺴﻨﺔ.

2 .ibnhajar alhaitsami rahimahullah: "alhasilbahwa bid'ah hasanah adalah sebuahkesepakatan yg muttafak untukkebolehanya,mengamalkan maulid dankumpulnya org didalamnya termasukdaripada hal yg dibolehkan dantermasuk bid'ah yg hasanah

" ٣. ﻗﺎﻝ ﺍﺑﻮﺷﺎﻣﺔ ﺷﻴﺦ ﺍﻻﻣﺎﻡ ﺍﻟﻨﻮﺍﻭﻱ ﺭﺣﻤﻬﺎ ﺍﻟﻠﻪﺗﻌﺎﻟﻲ ": ﻭﻣﻦ ﺍﺣﺴﻦﻣﺎﺍﺑﺘﺪﻉ ﻓﻲ ﺯﻣﺎﻧﻨﺎ ﻣﺎ ﻳﻔﻌﻞ ﻛﻞ ﻋﺎﻡ ﻓﻲﺍﻟﻴﻮﻡ ﺍﻟﻤﻮﺍﻓﻖ ﻟﻴﻮﻡﻣﻮﻟﺪﻩ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻣﻦﺍﻟﺼﺪﻗﺎﺕ ﻭﺍﻟﻤﻌﺮﻭﻑ ﻭﺍﻇﻬﺎﺭﺍﻟﺰﻳﻨﺔ ﻭﺍﻟﺴﺮﻭﺭ,ﻓﺈﻥ ﺫﻟﻚﻣﻊ ﻣﺎ ﻓﻴﻪ ﻣﻦ ﺍﻻﺣﺴﺎﻥ ﻟﻠﻔﻘﺮﺍﺀﻣﺸﻌﺮﺑﻤﺤﺒﺘﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻭﺗﻌﻈﻴﻤﻪ ﻓﻲ ﻗﻠﺐ ﻓﺎﻋﻞﺫﻟﻚ ﻭﺷﻜﺮﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻲ ﻣﺎ ﻣﻦﺑﻪ ﻣﻦ ﺍﻳﺠﺎﺩ ﺭﺳﻮﻟﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪﻋﻠﻴﻪﻭﺳﻠﻢ ﺍﻟﺬﻱ ﺍﺭﺳﻠﻪ ﺭﺣﻤﺔ ﻟﻠﻌﺎﻟﻤﻴﻦ "

3 .syaikhabu saamah)guru dari imamnawawi (rahimaallah:"sesungguhnyasebaik baik bid'ah hasanah ygdilakukan dizaman ini adalahmengadakan acara maulid dihariperistiwabertepatan dgn kelahiran nabisaw,yg didalamya ada amalan sodaqohkpd alfuqoro',amal baik,menampilkansuasana gembira diiringi dgnmensyiarkan kecintaan danmemulyakan kpd nabi saw kpdpelakunya sbgai bentuk rasa syukurkpd ALLAH atas pemberiaNYA kpdummat ini yaitu wujudnya nabimuhammad saw sbgai rahmat  bg alam semesta .

٤ . ﺍﻟﺴﺨﺎﻭﻱ : ﻟﻢ ﻳﻔﻌﻠﻪ ﺍﻟﺴﻠﻒﻓﻲ ﺍﻟﻘﺮﻥﺍﻟﺜﻼﺛﺔ,ﻭﺍﻧﻤﺎﺣﺪﺙ ﺑﻌﺪ,ﺛﻢ ﻻ ﻳﺰﺍﻝ ﺍﻫﻞ ﺍﻻﺳﻼﻡ ﻣﻦ ﺳﺎﺋﺮﺍﻻﻗﻄﺎﺭ ﻭﺍﻟﻤﺪﻥ ﻳﻌﻤﻠﻮﻥ ﺍﻟﻤﻮﻟﺪ ﻭﻳﺘﺼﺪﻗﻮﻥ ﻓﻲ ﻟﻴﺎﻟﻴﻪﺑﺄﻧﻮﺍﻉﺍﻟﺼﺪﻗﺎﺕ ﻭﻳﻌﺘﻨﻮﻥ ﺑﻘﺮﺍﺀﺓ ﻣﻮﻟﺪﻩ ﺍﻟﻜﺮﻳﻢ,ﻭﻳﻈﻬﺮﻋﻠﻴﻬﻢﻣﻦ ﺑﺮﻛﺎﺗﻪ ﻛﻞ ﻓﻀﻞ ﻋﻤﻴﻢ. ( ﺳﻴﺮﺓ ﺍﻟﺤﻠﺒﻴﺔ١/٨٣ -٨٤ )

4.assakhowy:tidak dilakukan oleh parasalaf dlm abad ke 3,adapun
pengamalanya adalah sesudahnya,senantiasa ahlul islam disetiap penjurudunia melaksanakan peringatan acaramaulid nabi saw,diiringi dgn amalanshodaqoh,serta membaca daripadasiroh kehidupan nabi saw,ygsenantiasa akan tampak keberkahan bgmrka dgn rahmat dari ALLAH yg meratabg mrka. )siroh alhalabiyah juz1/83-84(

٥. ﻗﺎﻝ ﺍﺑﻦ ﺟﻮﺯﻱ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ :"ﻣﻦﺧﻮﺍﺻﻪ ﺍﻧﻪﺍﻣﺎﻥ ﻓﻰ ﺫﻟﻚ ﺍﻟﻌﺎﻡ,ﻭﺑﺸﺮﻱ ﻋﺎﺟﻠﺔ ﺑﻨﻴﻞﺍﻟﺒﻐﻴﺔﻭﺍﻟﻤﺮﺍ"( ﺍﻟﺴﻴﺮﺓﻟﻠﺤﻠﺒﻴﺔ ١ /٨٣ - ٨٤ ).

5.berkata ibn jauzi ra:"barang siapa ygmengkhususkan bulan kelahiran nabisaw dgn merayakan maulid,mk diaakan mendapatkan rasa aman di thnitu,dan akan mendapatkan kegembiraanyg segera sertatercapai keinginan dantujuan.)siroh al halabiyah juz 1/83-84

ذلك هو من البدع الحسنة التي يثاب عليها صاحبها لما فيه من تعظيم قدر النبي صلى الله عليه وسلم وإظهار الفرح والاستبشار بمولده الشريف.

Arti kesimpulan: Perayaan Maulid Nabi yang berupa berkumpulnya manusia dengan membaca ayat Quran dan sejarah Nabi dan memakan hidangan makanan termasuk dari bid'ah yang baik (hasanah) yang mendapat pahala karena bertujuan mengagungkan Nabi Muhammad dan menampakkan kegembiraan terhadap kelahiran Nabi.

Alasan As-Suyuthi menganggap sunnah merayakan maulid Nabi karena hukum sunnah itu tidak harus terjadi pada era Nabi, tapi bisa karena qiyas.

Istilah bid'ah hasanah (baik) dan qabihah (buruk) yang dipakai As-Suyuthi berasal dari Imam Nawawi dalam kitab تهذيب الأسماء واللغات Tahdzibul Asma' wal Lughat. 

sngoga bermanfa'at....

Tidak ada komentar: